Membran Sel - Gambar Struktur dan Fungsinya

Membran Sel merupakan pembatas sel dengan lingkungan luar yang terbentuk oleh senyawa lipid, protein, oligosakarida, glikolipid, dan kolesterol.
Membran sel terdiri dari dua lapisan yang memiliki permeabilitas tertentu sehingga tidak semua molekul dapat melewati membran sel. Di sela-sela molekul fosfolipid membran sel terdapat transpoter yaitu tempat masuk dan keluarnya zat yang dibutuhkan sel seperti oksigen dan mutrien dan zat yang tidak dibutuhkan tubuh.
membran sel

Kerangka membran terdiri dari tiga macam yaitu mikrotubulus, mikrofilamen, dan dilamen intermediet

Molekul dan ion yang dibutuhkan oleh sel masuk melalui bagian tertentu membran sel. Banyaknya molekul dan ion yang keluar masuk melalui membran sel menciptakan lalu-lintas membran yang dapat dibedakan menjadi transpor pasf dan transpor aktif.

Transpor Pasif
Transpor pasif adalah perpindahan molekul melewati membran sel tanpa mekanisme khusus. Molekul dan ion tersebut dapat melewati membran karena molekul tersebut menuruni gradien konsentrasinya. Contoh transpor pasif antara lain: difusi, osmosis, dan difusi terfasilitasi.

Transpor Aktif
Transpor aktif adalah perpindahan molekul dengan mekanisme khusus. Perpindahan terjadi ketika substansi melewati area yang memiliki potensial elektrokimiawi rendah menuju ke potensial yang lebi tinggi. Berbeda dengan transpor pasif yang berlangsung secara spontan, transpor aktif memerlukan energi agar dapat melakukan perpindahan dengan kondisi melawan arus gradien konsentrasi. Energi yang dimaksud dapat berasal dari channel protein dan carrier protein, serta ionofor. Contoh transpor aktif antara lain: coupled carriers, ATP driven pumps, dan light driven pumps.